Belajar SEO Pemula

Paket Belajar SEO Pemula


Blog ini adalah blog untuk belajar SEO dan beberapa aspek blogging lainnya. Saat ini saya mencoba merangkum beberapa posting saya menjadi paket terpadu belajar SEO. Untuk memudahkan anda (para blogger pemula) ikutilah prosesnya satu persatu. Bacalah artikel yang diberikan untuk setiap langkah, kemudian kembali ke halaman ini untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
Langkah Pertama:

Pasang Alexa Toolbar untuk merampingkan Alexa Rank



"Pantau Peringkat Kualitas Trafik Website Sedunia"
Alexa adalah website yang memberi peringkat trafik website sedunia. Ini adalah salah satu reputasi blog di dunia maya yang sangat diperhitungkan, karena menyangkut kualitas trafik. Saya menaruh ini sebagai langkah pembuka, karena ini tidak masuk dalam tahap SEO manapun. Jadi lebih baik sejak awal anda sudah memasang alexa toolbar pada browser internet anda ... sebelum anda lupa.

Cara merampingkan Alexa Rank dengan cepat

Cara merampingkan Alexa Rank dengan cepat banyak ditanyakan oleh para blogger. Ada yang online hampir setahun, alexanya masih di atas 5 juta, dan ada juga yang online 2 minggu alexanya tembus 500 ribu. Jika anda adalah pelaku bisnis online, maka peringkat alexa rank ini sangat penting karena menyangkut tingkat kepercayaan blog. Kalaupun anda cuma blogger biasa, alexa rank ini bisa memberi nilai komersil pada blog anda jika semakin ramping.
Perlu saudara ketahui bahwa perhitungan Alexa Rank itu masih didasarkan pada Alexa Toolbar yang dipakai pada browser internet di seluruh dunia. Alexa mengandalkan input data dari semua toolbarnya untuk menghitung pageview dan pengunjung unik suatu blog. Jadi untuk merampingkan alexa rank blog anda dengan cepat cukup dengan menggunakan toolbar alexa pada browser internet anda.
Kalau anda memakai Alexa toolbar pada browser dan online membuka blog setiap hari, cukup 2-3 minggu untuk membuat blog saudara masuk ke lapisan ranking di bawah 1 juta. Jadi sangat rugi jika anda tidak memasang Alexa toolbar pada browser anda. Berikut ini adalah cara memasang Alexa Toolbar pada browser Mozilla dan Google Chrome....

Memasang Alexa Toolbar ke Firefox

  1. Buka halaman Alexa Toolbar dan klik tombol Install Alexa Toolbar
  2. Tombol Install Alexa Toolbar
  3. Akan terbuka halaman User License Agreement. Klik Accept dan Install
  4. Firefox akan melakukan konfirmasi, silahkan klik Allow
  5. Tunggu proses download selesai, akan muncul jendela baru dan klik Install
  6. Install Ads Ons
  7. Setelah selesai penginstalan, anda akan diminta untuk melakukan restart
  8. Restart Firefox
  9. Setelah restart akan ada laman The Alexa Toolbar for Firefox - Demographic Information, silahkan klik tombol No Thanks
  10. Akan terbuka halaman yang berisikan ucapan selamat : Alexa Toolbar - Installation Successful! The Alexa toolbar is now installed in your browser and should look like this:
  11. Jika muncul pemberitahuan seperti di bawah, silahkan klik OK.
Konten Toolbar


Memasang Alexa Toolbar ke Google Chrome

  1. Kunjungi web http://www.alexa.com/toolbar 
  2. Klik tombol "Install Alexa Extension"
  3. Klik tombol "+ Add to Chrome" lalu Klik "Add"
  4. Tunggu hingga proses download selesai, dan akan muncul halaman baru
  5. Klik "Accept and Enable"
  6. Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data, jika tidak bersedia silahkan klik "No, Thank's"
  7. Nantinya Alexa Toolbar akan muncul pada browser saudara Google Chrome saudara di bagian kanan atas.
Sekarang Alexa toolbar sudah terinstall pada browser anda. Silahkan mengakses blog anda setiap hari untuk merampingkan alexa rank blog anda dengan cepat.

Catatan tambahan: Jika anda sampai di halaman ini karena mengikuti paket belajar SEO, silahkan kembali ke halaman muka blog ini dan lanjutkan ke tahap berikutnya.

Langkah Kedua:

Berniat Mencari Uang Dari Blog?

Mencari Uang Dari Blog?
"Cari Uang Dari Blogging?"
Sangat banyak blogger yang bermunculan dengan niat mengeruk uang dari dunia maya. Jika anda adalah salah satunya, maka saya sangat merekomendasikan membaca artikel ini sebagai pembuka. Artikel ini bukan dalam rangka belajar SEO, tetapi lebih kepada membentuk pola pikir yang benar tentang bisnis online sebelum anda memulai sesuatu yang tidak anda pahami.

Langkah Ketiga:

Memilih Blog Apa Yang Akan Anda Buat

Memilih Blog Apa Yang Akan Anda Buat
"Memilih satu ide di antara sejuta"
Proses ini termasuk yang paling banyak diabaikan. Akibatnya banyak  blogger yang kandas di tengah jalan, karena sejak awal tidak tahu apa yang dimulainya. Kadang mereka berharap trafik melimpah, tapi blog yang dibangunnya adalah blog yang tidak banyak dicari orang. Hindari kesalahan semacam ini dengan membaca artikel ini.

Langkah Ke Empat:

Melakukan Optimisasi Onpage

Melakukan Optimisasi Onpage
"Optimisasi Onpage Untuk Membantu Googlebot"
Jika anda sudah membuat blog, maka anda perlu mengatur blog agar mudah "dipahami" oleh robot mesin pencari. Berhubung Google adalah mesin pencari terbesar saat ini, maka kita melakukan optimisasi onpage mengikuti standar Google. Ini adalah sesuatu yang penting untuk anda pahami, karena jika Google "bingung" atau bahkan "benci" melihat tata blog anda, maka semua usaha anda bisa sia-sia. Hindari masalah yang tidak perlu dengan melakukan pengaturan Onpage sejak awal. 

Langkah Kelima:

Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO

Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO
"Mengetik Artikel Jangan Asal Jadi"
Setelah blog anda jadi, dan sudah "dirias" agar menarik bagi Google. Sekarang saatnya mengisi blog anda dengan artikel. Layaknya toko, jangan asal diisi. Isilah blog anda dengan hal-hal yang memang banyak dicari orang, dan buatlah dengan cara yang disukai oleh Search Engine. Bagaimanapun juga search engine ini yang akan memasarkan artikel anda. Search engine tidak akan memamerkan artikel anda di halaman muka jika tidak memenuhi "standar mutu" yang ditetapkan mereka.

Jika anda sudah melakukan lima langkah di atas, maka selebihnya adalah melakukan optimisasi offpage

Langkah Keenam:

Promosikan Blog Anda!

Promosikan Blog Anda!
"Ajak Orang Lain Mengunjungi Blog Anda"
Setelah anda membuat blog dan mengisinya dengan artikel, apakah ada gunanya jika tidak ada yang membaca? Tentu anda ingin blog anda dibaca orang lain kan? Oleh karena itu promosikan blog anda, karena blog baru nyaris mustahil mendapatkan pengunjung dari search engine. Jadi sebagai permulaan, promosi dan mengundang orang lain sangat penting. Pelajari bagaimana cara standar mempromosikan blog.

Langkah Ketujuh:

Cari Backlink Untuk Blog Anda

Cari Backlink Untuk Blog Anda
"Backlink Masih Memegang 80% Porsi SEO"
Setelah anda membuat blog yang rapi, mengisinya dan mengundang orang datang berkunjung.... apa lagi yang kurang? Ternyata blog anda butuh "rekomendasi" untuk diakui oleh Google. Indikasi bahwa blog anda direkomendasikan oleh banyak orang adalah dengan adanya backlink di banyak website. Apakah mudah membuat orang memberi link kepada anda? Sudah banyak blogger pemula yang "muntah darah" mencari orang yang bersedia memberi mereka backlink. Di sisi lain, banyak yang berkeliling memasang sendiri backlinknya di website orang lain.
JIKA ANDA SUDAH MENYELESAIKAN LANGKAH KETUJUH INI, MAKA ANDA SUDAH MENYELESAIKAN PROSES BELAJAR SEO UNTUK PEMULA. ANDA SUDAH PUNYA DASAR UNTUK MELAKUKAN PENAMBAHAN DATABASE BACKLINK, ATAU BAHKAN MENGEMBANGKAN TEKNIK SEO ANDA SENDIRI. TIDAK ADA BATASAN TERTENTU DALAM TEKNIK SEO. SELEPAS DARI PENGETAHUAN DASAR INI ANDA AKAN MASUK KE DALAM MASA SEO FREE STYLE!


Tolong Klik Tombol Vote Ini...

Belajar SEO untuk Pemula



DMCA ADALAH CARA MENGATASI ARTIKEL COPY PASTE

Laporkan pencuri artikel saudara ke DMCA
DMCA adalah opsi terbaik yang bisa ditempuh untuk mengatasi artikel copy paste. Banyak blogger yang mengeluhkan duplikat konten mereka pada blog lain. Bahkan tulisan ini dibuat sebagai bentuk respon atas permintaan seorang teman blogger untuk membahas sedikit tentang duplikat konten.
 

Kenapa Pengunjung Blog Saya Berkurang Atau Tidak Stabil?

trafik pengunjung berkurang atau tidak stabil
Kenapa Pengunjung Blog Saya Berkurang Atau Tidak Stabil? Banyak blogger yang rutin memantau statistik blognya dan mengamati bahwa ternyata pengunjung blognya berkurang atau sekedar tidak stabil. Dalam kondisi yang normal seharusnya trafik pengunjung dari search engine itu relatif stabil. Tapi terkadang grafik menjadi begitu fluktuatif dan banyak blogger menjadi bingung apa penyebabnya.
Sumber:  http://trikmudahseo.blogspot.com/
Share this article :
 
Copyright © 2012. DESAIN FOTO - All Rights Reserved - Supported by: MENOREH.Net - Media Partner Bisnis